MWN Website
ContactHome

T:Email masuk folder bulk atau spam atau junk di Yahoo atau Gmail

Masalah/pertanyaan

  • Kita sebagai perusahaan sering mendapati email penawaran yang kita kirimkan masuk ke bulk mail client, sehingga komunikasi menjadi sangat terganggu. Karena jika klien tidak membalas email kita, kita tidak tahu apakah mereka tidak membaca email kita atau tidak. Kenapa hal ini bisa terjadi?
  • Email yang dikirim dari SMTP/webmail/skrip PHP di server hosting atau masuk ke bulk atau junk atau spam folder di Yahoo/Gmail.

Penjelasan/jawaban/solusi

Kadang-kadang ini terjadi dan penyebabnya dapat beberapa, dari yang bisa kontrol hingga yang tidak bisa kita kontrol.

1. Server hosting masuk dalam daftar blacklist spam di RBL (atau Gmail atau Yahoo). Ini dapat terjadi jika ada salah satu klien di server hosting yang memang mengirimkan spam. Namun ada kalanya pula ini terjadi karena ada server lain di blok yang berdekatan (misalnya sesama blok C, di datacenter yang sama) yang melakukan spam lalu sebuah RBL memilih untuk memblokir satu blok IP sekaligus, sehingga IP server hosting ybs ikut kena dampaknya.

Biasanya jika ini terjadi, staf support/admin kami akan segera menonaktifkan klien yang nakal tersebut dan melakukan request pada RBL yang bersangkutan untuk melepas blokirnya. Umumnya ini dapat memakan waktu hingga 1 atau beberapa hari sampai berefek, tapi dapat juga lebih singkat.

2. Konten email yang memang mirip dengan spam. Untuk masalah ini, harap Anda mengubah isi email atau cara email dikirimkan agar tidak dikira spam oleh Yahoo! atau Gmail atau server email lainnya.

3. Faktor kriteria lain di Yahoo atau Gmail. Kadang-kadang kriterianya tidak 100% jelas, karena algoritma penentuan spam atau tidak sepenuhnya ada di tangan mereka. Dan kriteria ini dapat berubah sewaktu-waktu seiring mereka melakukan tuning atau penyesuaian terhadap kondisi spam yang ada. Kadang-kadang kriterianya aneh dan tidak dimengerti. Contohnya, Maret 2008, penulis mengamati berkirim email lewat webmail Yahoo sendiri dengan seseorang di Yahoo pula. 4-5x bertukar email tidak masalah, tapi ternyata reply terakhir dari orang tersebut malah masuk ke folder Bulk. Sesuatu yang aneh.

Solusinya, bisa request untuk pindah server (lihat artikel: Migrasi server). Atau menunggu sampai blokir dibuka. Atau mengubah cara mengirim email.

Dan saat ini kepada penerima email, mau tidak mau secara teratur (sesekali) perlu mengecek folder Bulk mereka untuk memastikan siapa tahu ada email yang penting yang salah masuk ke sana.

Alternatif lain adalah menyarankan pada penerima-penerima email Anda di Yahoo/Gmail untuk memasukkan alamat pengirim email-email Anda ke address book mereka. Ini akan mencegah email dari Anda masuk ke bulk folder.


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.