MWN Website
ContactHome

Panduan pengguna Spanel 1.3/Lampiran/Catatan perubahan

Kembali ke: Panduan pengguna Spanel 1.3 » Lampiran

Daftar isi

1.3.13

  • Instaler aplikasi web. Kini Anda dapat menginstal aplikasi web popular seperti WordPress, Joomla, MyBB, dan PrestaShop dengan beberapa klik saja. Caranya, cukup ke menu baru File > Instaler Aplikasi Web lalu klik Tambah Baru. Aplikasi lain akan ditambahkan sesuai permintaan popular.

untuk paket hosting yang quotanya tidak diatas 20 MB pada menu navigasi tersebut (File > Instaler Aplikasi Web) kami hide dengan alasan tidak cukup ruang proses data, walau menu ini tetap aktif jika ditujukan langsung pada url http://spanel.kodeserver.masterweb.net/user/webapp.html setelah login spanel.

1.3.12

Perubahan-perubahan penting yang ada di versi ini (untuk catatan perubahan yang lebih lengkap, silakan lihat file ChangeLog):

Domain pengirim di email tetap dibatasi walau SMTP menggunakan password

Karena banyaknya insiden spam yang dikirimkan oleh PC yang terinfeksi malware/virus, di mana malware/virus tersebut mencuri password SMTP dari Outlook/program email lainnya, lalu mengirimkan spam menggunakan akun SMTP tersebut, maka kini email yang dikirim menggunakan SMTP berpassword pun tetap dibatasi domain pengirimnya harus sama dengan domain yang terdaftar di akun hosting. Ini untuk menghindari pemalsuan alamat From email dan mengurangi insiden spam.

Menu pulldown yang lebih lengkap/membantu

Anda dapat langsung melihat daftar domain dan subdomain (hingga 10) dari menu pulldown, berikut link shortcut untuk menyunting php.ini, menyunting akun email, mengakses webmail, mengubah setting, DNS, dsb.

Tersedia juga Lokasi Sebelumnya, untuk mempermudah Anda kembali ke direktori-direktori sebelumnya saat mengelola file.

Antarmuka Kelola File diperbaiki

Kini lebih rapih (tombol-tombol dibuang dan diganti dengan item di menu pulldown). Saat menyunting file tersedia editor WYSIWYG atau teks dengan nomor baris. Dapat mengupload hingga 20 file sekaligus.

Login ke phpMyAdmin lebih praktis

Dari menu Database > MySQL, kini Anda bisa langsung login ke phpMyAdmin dengan mengklik link Kelola pada database ybs. Jika link ini belum muncul, artinya Spanel belum mencatat password database Anda. Silakan reset atau set ulang password database dengan mengklik link Sunting terlebih dulu.

Format Backup CD berubah

Sebelumnya menggunakan .tar.rar (tarball yang dibungkus dalam RAR untuk proteksi password dan split volume). Kini menggunakan .tar.pgp.00, .tar.pgp.01, dst (tarball yang dienkripsi simetrik menggunakan PGP/GnuPG dan displit mentah).

Alasannya adalah karena RAR adalah program komersial yang tidak tersedia secara bawaan di beberapa distro Linux tertentu (kadang hanya unrar saja yang tersedia).

Untuk mengekstrak format backup CD baru ini, silakan lihat panduan pengguna, bagian Backup CD.

1.3.11

Versi ini dirilis 23 Apr 2010. Perubahan-perubahan penting yang ada di versi ini (untuk catatan perubahan yang lebih lengkap, silakan lihat file ChangeLog):

Autoindexing di Apache kini dimatikan

Untuk meningkatkan keamanan, autoindexing di Apache kini dimatikan. Artinya, jika sebuah folder tidak mengandung salah satu file indeks (index.html, index.php, index.cgi) maka Apache tidak lagi menampilkan daftar file dan subfolder yang ada, melainkan menampilkan pesan Forbidden. Pengunjung situs tidak dapat lagi melihat daftar file/subfolder jika Anda lupa menaruh file indeks.

Jika Anda memiliki file lain yang ingin dijadikan indeks, misalnya default.html atau home.php, maka Anda dapat mengganti nama file indeks ini dengan membuat file .htaccess yang isinya:

DirectoryIndex default.html

atau:

DirectoryIndex home.php

Mengirim email dengan From berbeda

Sebelumnya, jika skrip mengirimkan email dengan From bukan dari domain yang dihosting (mis: domain Anda example.com tapi Anda mengeset from dari someone@yahoo.com) maka pengiriman email akan gagal. Kini, pengiriman berhasil tapi From akan otomatis diubah menjadi From dari domain Anda.

Spanel tetap mewajibkan From di email sama dengan (salah satu) domain yang dihosting untuk menghindari spoofing (pemalsuan identitas).

Fitur baru

  • Di Kelola File, kini ditambahkan kolom mode, pemilik, dan grup (permission mode, owner, group).

Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.