MWN Website
ContactHome

PHP

Untuk berdiskusi dengan sesama programer dan peminat PHP, bergabunglah dengan milis id-php, milis PHP Indonesia paling aktif sejak 2002. Untuk subscribe, kunjungi halaman web milis atau kirimkan email kosong ke id-php-subscribe@yahoogroups.com.

PHP adalah bahasa pemrograman web yang paling popular saat ini, melebihi bahasa lain seperti Perl dan ASP. PHP bersifat gratis dan open source. Tersedia ribuan aplikasi web gratis dan komersil yang ditulis dalam PHP. Lebih jauh mengenai PHP dapat dilihat di http://www.php.net/

Daftar isi

Sejarah PHP

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.


Membuat dan Menjalankan Contoh program *php di server Spanel/Cpanel

Program Hello World

Buat lah file bernama hello.php dan isikan baris text berikut di dalam file tsb.

<?php

echo "Hello World";

?>

Simpan file anda yaitu hello.php tsb. Upload ke hosting anda.

Untuk sPanel sebagai berikut:==

1. Login ke sPanel anda. Dengan alamat http://namadomainanda/spanel (contoh : http://masterweb.com/spanel).

2. Setelah Anda sukses login control panel, silakan klik menu Kelola File.

3. Klik folder sites >> namadomainanda >> www

4. Klik File >> Upload File untuk mengupload file

Upload1.png

5. Pilih Browse dan pilih data anda yang akan di upload

Upload2.png

6. Klik Tombol Upload

Upload3.png


Untuk cPanel sebagai berikut:==

1. Login ke cPanel anda. Dengan alamat http://namadomainanda/cpanel (contoh : http://masterweb.com/cpanel).

2. Setelah Anda sukses login control panel, silakan klik menu File Manager

Cpanel-upload1.png


3. Klik public_html

4. Klik Upload untuk mengupload file


Cpanel-upload2.png

5. Pilih Browse dan pilih data anda yang akan di upload

Cpanel-upload3.png


Menjalankan Contoh program .php tadi cukup menjalankannya dari browser. Coba buka alamat http://namadomainanda/hello.php


Cpanel-upload4.png

Tanya jawab

Lihat ke sini.

Bahan bacaan lain

Link eksternal

Untuk berdiskusi dengan sesama programer dan peminat PHP, bergabunglah dengan milis id-php, milis PHP Indonesia paling aktif sejak 2002. Untuk subscribe, kunjungi halaman web milis atau kirimkan email kosong ke id-php-subscribe@yahoogroups.com.


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.