MWN Website
ContactHome

Migrasi server

Artikel ini menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan migrasi atau perpindahan server/account, policy di MWN, bantuan yang dapat diberikan oleh MWN, serta prosedur dan tips agar migrasi Anda lancar.

Daftar isi

Definisi

Yang dimaksud migrasi di sini adalah perpindahan data dari sebuah account layanan ke account layanan lain. Account layanan dapat berupa account shared hosting atau server (colocation/dedicated). Dan penyedia layanan dapat MWN atau penyedia layanan lain.

Artikel pendukung/pembantu/pengantar:

Jenis-jenis migrasi

  • antarserver hosting: perpindahan account shared hosting di MWN dari satu server hosting ke server hosting lainnya;
  • upgrade ke dedicated: perubahan dari account shared hosting di MWN ke account colo/dedicated di MWN;
  • downgrade dari dedicated: dari account colo/dedicated di MWN ke account shared hosting di MWN;
  • ke MWN: dari account layanan di tempat lain ke account layanan di MWN. Untuk detil batasan dan spesifikasi bantuan yang kami berikan, baca Migrasi ke MWN;
  • dari MWN: dari account colo/dedicated di MWN ke account layanan penyedia lain.

MWN dapat membantu proses migrasi untuk semua hal di atas dengan syarat-syarat tertentu (baca bagian Bantuan MWN di bawah) kecuali perpindahan dari MWN ke tempat lain. Harap maklum. Barangkali dalam kasus perpindahan dari MWN Anda dapat meminta bantuan migrasi kepada penyedia layanan baru.

Mengapa migrasi?

Migrasi dapat terjadi atas inisiatif MWN maupun atas inisiatif klien, karena satu dan lain hal. Berikut ini kemungkinan penyebab-penyebab yang ada:

Dalam kasus shared hosting:

  • server hosting terlalu banyak diisi account, atau ada satu atau beberapa account yang menimbulkan aktivitas yang memberatkan server, sehingga account-account lain di dalam server menjadi ikut lambat;
  • server hosting mengalami masalah hardware (seperti kegagalan disk atau motherboard) atau masalah darurat lain sehingga account-accountnya perlu dipindahkan segera ke server lain;
  • perpindahan masal semua account karena server akan dipensiunkan (peremajaan server) atau diinstal ulang OS-nya;
  • klien menginginkan accountnya dipindah dari server dalam negeri ke luar negeri atau sebaliknya, karena target pengunjungnya berubah.
  • ingin berpindah ke server dengan control panel berbeda (mis: dari Spanel ke cPanel, dari Plesk ke Spanel, dst);

Dalam kasus dedicated:

  • Anda ingin berpindah dari shared hosting ke server sendiri alias dedicated hosting (colo/dedi), atau justru sebaliknya dari colo/dedi ke shared hosting, sehingga data perlu ditransfer antarserver.

Bantuan MWN

Melakukan migrasi sendiri kadang-kadang sulit/lambat/mahal, misalnya koneksi Anda dialup, atau lokasi Anda jauh di luar kota dan tidak bisa menghandle sendiri server colo/dedicated Anda. Untuk itu MWN menyediakan layanan bantuan/asistansi memindahkan data Anda. Sebagian besar perpindahan ini tidak dikenai biaya, kecuali pada kasus-kasus tertentu (lihat bagian Biaya). Namun ada jenis perpindahan yang tidak dapat dibantu oleh MWN, yaitu:

  • perpindahan dari MWN ke penyedia layanan lain (ini tanggung jawab dari penyedia baru, silakan hubungi mereka dan tanyakan apakah dapat membantu proses perpindahan);
  • perpindahan data dari server colo/dedi unmanaged yang satu ke server colo/dedi unmanaged yang lain.
  • perpindahan beda sistem operasi dan/atau control panel;

Catatan untuk perpindahan server dengan control panel berbeda: saat ini kami baru mendukung antara cPanel dan Spanel (dari cPanel ke Spanel atau sebaliknya). Untuk yang ingin berpindah server dengan control panel berbeda di luar ini (mis: dari Plesk ke Spanel) kami memberikan alternatif: membuatkan akun baru yang kosong di server baru lalu mengkopikan file-file dari akun lama ke akun baru tersebut, tapi tidak dengan database/email/cron/dll. Untuk ini pun dikenakan biaya tambahan karena setup ulang. Anda diharapkan dapat mengimpornya sendiri komponen-komponen tersebut saat ini dari file-file yang ada.

Biaya

Kebijakan biaya migrasi server di tempat kami adalah sebagai berikut:

  • Perpindahan beda control panel di mana tidak ada fitur impor/ekspor dari control panelnya (sehingga mengakibatkan harus create ulang akun di server baru) dikenakan biaya 1x (lihat Daftar harga MWN untuk harga saat ini).
  • Perpindahan ke server dengan control panel yang sama atau yang berbeda di mana ada fitur impor/ekspor dari control panelnya, dan yang inisiatifnya oleh MWN, misalnya karena peremajaan server atau masalah hardware, bebas biaya, dan akan dilakukan sebisa mungkin setelah kami memberitahukan kepada klien. Kecuali jika sifatnya darurat maka pemberitahuan akan dilakukan bersamaan/setelah migrasi.
  • Perpindahan ke server dengan control panel yang sama atau yang berbeda di mana ada fitur impor/ekspor dari control panelnya, dan yang inisiatifnya oleh klien, untuk perpindahan yang pertama, atas alasan apapun, bebas biaya. Namun untuk perpindahan kedua dan seterusnya, dengan alasan apapun, akan dikenai biaya 1x (lihat Daftar harga MWN untuk harga saat ini).

Prosedur

Untuk migrasi/perpindahan yang inisiatifnya oleh MWN (mis: migrasi darurat karena masalah hardware, atau ada peremajaan server), tentu pihak kami yang akan memberitahukan dan melakukannya. Anda tidak perlu melakukan apa-apa.

Untuk perpindahan yang inisiatifnya oleh Anda (mis: Anda tidak puas dengan server tempat saat ini account Anda berada, dan ingin mencoba server lain di dalam negeri atau di luar negeri), maka prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Anda menghubungi customer support dan merequest migrasi beserta dengan waktu migrasi yang diinginkan dengan mengirimkan ticket di masterkey pada URL https://masterkey.masterweb.com/submitticket.php?topicid=MIGRASI Tip: pilihlah waktu yang di luar jam kantor, misalnya hari Sabtu sore/malam atau hari Minggu siang agar tidak terlalu mengganggu akses website Anda dan meminimalisasi downtime.
  2. Jika harus ada biaya administrasi yang dibereskan, maka customer support akan menunggu konfirmasi dari bagian billing dulu.
  3. Dekat-dekat sebelum waktu migrasi kami akan mengkonfirmasi lagi kepada Anda apakah benar akan dimigrasi.
  4. Proses migrasi, memakan waktu di bawah 1 jam hingga beberapa jam.
  5. Anda akan menerima konfirmasi via email jika proses migrasi telah selesai.
  6. Setelah refresh DNS, maka website Anda akan dapat diakses kembali, dari server baru.

Tanya jawab

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk migrasi? (Apakah ada downtime? Berapa lama downtime?)

Proses migrasi adalah mengkopi data account Anda (email dan akun-akun email, file-file website, database, dll) dari satu server ke server lainnya. Proses ini dapat memakan di bawah 1 jam (untuk account kecil dengan total data di bawah 100MB) hingga beberapa jam (untuk account besar dengan data di atas 1GB) waktu sesuai dengan bandwidth dan load di kantor/jaringan kami.

Selama proses pengopian ini, website akan down, karena file-file di server tujuan belum lengkap/sempurna tersalin semua.

Setelah itu kami akan mengupdate data DNS Anda agar mengarah ke IP server baru. Untuk account-account yang baru, defaultnya kami beri TTL record sebesar 1 jam, yang berarti data DNS akan terupdate dalam waktu 1-3 jam. Untuk account-account lama yang belum mengikuti standar yang baru, defaultnya adalah TTL sebesar 6 jam, yang berarti waktu refresh DNS totalnya sekitar 6-12 jam.

Setelah proses ini selesai, ada kemungkinan masih ada masalah misalnya ada perbedaan konfigurasi antara server lama dan baru (apalagi, jika perpindahan ke server dengan panel kontrol berbeda). Di sini diharapkan kerjasama dari pihak klien juga untuk melakukan pengecekan, karena klien yang lebih tahu detil websitenya.

Artikel pendukung:

Bagaimana jika ternyata kondisi di server baru tidak lebih baik?

Pada dasarnya kami berusaha mencarikan solusi sesuai yang Anda inginkan, tapi belum tentu hasilnya selalu lebih baik sesuai harapan. Misalnya Anda ingin pindah dari server dalam negeri ke server luar negeri, dengan tujuan misalnya agar pengunjung luar negeri bisa lebih cepat mengakses, maka kami akan pindahkan ke salah satu server hosting luar negeri kami sesuai permintaan. Tapi konsekuensinya bisa saja ternyata Anda menjadi lebih lambat mengakses/mengupload file ke server luar negeri ini (dikarenakan karena Anda menggunakan server dalam negeri).

Untuk hal ini, kebijakan/policy kami adalah seperti diterangkan di bagian Biaya di atas. Dari pengalaman kami, kami membuat kebijakan tersebut agar sederhana dan sesedikit mungkin dapat menimbulkan perdebatan. Mohon maklum dan pengertiannya.

Jika ada yang masih belum jelas, silakan hubungi customer support kami.


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.