MWN Website
ContactHome

Menginstal modul Perl di akun sendiri

Untuk berdiskusi dengan sesama programer dan peminat Perl, bergabunglah dengan milis id-perl, satu-satunya milis Perl Indonesia yang paling besar dan aktif. Untuk subscribe, kunjungi halaman web milis atau kirimkan email kosong ke id-perl-subscribe@yahoogroups.com.

Jika Anda menggunakan aplikasi berbasis Perl, umumnya diperlukan satu atau lebih modul-modul Perl, yang umumnya tersedia di CPAN. Di server hosting telah tersedia banyak modul Perl, dan dapat dicek misalnya dengan perintah ini di shell:

$ perl -MYAML::XS -e1

di mana YAML::XS adalah nama modul yang ingin Anda tes. Jika tidak muncul pesan kesalahan (kembali ke prompt shell), maka modul tersebut tersedia/terinstal di server. Jika muncul pesan kesalahan seperti ini:

Can't locate YAML/XS.pm in @INC (@INC contains ...). BEGIN failed--compilation aborted.

ini berarti modul tersebut tidak dapat ditemukan.


Daftar isi

Menginstal modul CPAN yang belum ada

Jika Anda membutuhkan sebuah modul CPAN yang belum tersedia, ada 2 pilihan: meminta bantuan staf support webhosting untuk menginstalkannya untuk Anda, atau menginstal sendiri modul tersebut di akun/home Anda.

Untuk pilihan pertama, Anda cukup menghubungi support kami, misalnya lewat tiket dengan menyebutkan nama modul yang diinginkan. Maka dalam waktu singkat kami akan menginstalkan modul tersebut untuk Anda.

Untuk cara kedua, Anda dapat menginstal sendiri menggunakan cpan di shell. Untuk server hosting berbasis Spanel, lokasi yang dianjurkan adalah di bawah /u/USER/public/ atau /u/USER/sites/NAMASITE/etc/ (karena umumnya skrip CGI berjalan sebagai user CGI, sehingga tidak bisa masuk ke home /u/USER/home/ yang permissionnya 700). Sementara untuk hosting berbasis cPanel, lokasi yang dianjurkan adalah di bawah home.

Contoh di bawah ini diasumsikan untuk Spanel, dan akun bernama t10000. Jika Anda menggunakan cPanel/WHM, silakan ganti nilai di baris export PREFIX=... dengan yang sesuai (/home/t10000). Ganti pula t10000 dengan username Anda yang sebenarnya.

Caranya:

1. Login SSH ke server hosting.

2. Ketikkan:

$ export PREFIX=/u/steven/public
$ export MYPERL5LIB=$PREFIX/local/share/perl
$ mkdir -p $MYPERL5LIB
$ export PERL5LIB="$MYPERL5LIB:$PERL5LIB"
$ mkdir -p ~/.cpan/CPAN
$ cpan

3. Setelah masuk ke shell cpan, ada pertanyaan sbb:

You don't seem to have a user configuration (MyConfig.pm) yet.
Do you want to create a user configuration now? (Y/n) [yes]

Tekan Enter untuk menjawab yes. Lalu cpan akan bertanya lagi:

Would you like me to configure as much as possible automatically? [yes]

Tekan Enter lagi, maka cpan akan melakukan autosetting dan akhirnya Anda akan tiba pada prompt cpan:

nolock_cpan[1]>

Keluar dulu dari cpan dengan mengetik quit lalu editlah file ~/.cpan/CPAN/MyConfig.pm, carilah baris make_install_arg dan gantilah sehingga menjadi:

  'make_install_arg' => q[PREFIX=/u/t10000/public],

Lalu kembalilah ke prompt cpan:

$ cpan

Jika ingin menginstal modul Foo::Bar, maka Anda tinggal mengetik:

nolock_cpan[1]> install Foo::Bar

Jika ingin keluar dari shell cpan, ketikkan quit. Selanjutnya nanti jika ingin menggunakan cpan lagi, Anda cukup mengulang step 2. Shell cpan tidak akan bertanya lagi seperti di atas dan akan langsung menampilkan prompt. Langkah 3 dapat dilewat.

Menggunakan modul

Setelah modul diinstal, selanjutnya di aplikasi Perl Anda tambahkan baris ini:

use lib '/u/t10000/public/local/share/perl';

di awal sebelum melakukan 'use' terhadap modul-modul Perl lainnya.


Windows

Jika Anda menggunakan Perl di Windows, misalnya ActiveState Perl, Anda dapat meminta bantuan staf support kami untuk menginstalkan modul Perl yang tidak tersedia di server.

Lihat juga

Untuk berdiskusi dengan sesama programer dan peminat Perl, bergabunglah dengan milis id-perl, satu-satunya milis Perl Indonesia yang paling besar dan aktif. Untuk subscribe, kunjungi halaman web milis atau kirimkan email kosong ke id-perl-subscribe@yahoogroups.com.


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.