MWN Website
ContactHome

Menggunakan webmail (Spanel)

Setiap akun hosting secara otomatis sudah memiliki fasilitas webmail. Webmail bisa diakses lewat alamat:

  • http://nama_domain_anda/webapps/webmail
  • https://nama_domain_anda/webapps/webmail

Loginlah menggunakan salah satu username dan password account POP yang sebelumnya telah dibuat dulu dari Email Manager di control panel.

Software webmail yang digunakan adalah Squirrelmail, sebuah aplikasi webmail open-source berbasis IMAP yang ditulis dalam bahasa PHP.

Daftar isi

FAQ

Mengapa muncul pesan kesalahan 'Permission denied?'

Pesan ini seharusnya tidak muncul lagi, kecuali pada account lama yang diset agar tidak diperbaiki permissionnya secara otomatis. Untuk menghilangkan pesan error ini, silakan ke control panel hosting lalu pilih Reset Permission File.

Jika hal di atas tidak membantu, silakan hubungi staf support kami.

Bagaimana melihat berapa pemakaian disk account email?

Mengapa quota tidak tampil?

Quota baru akan tampil jika account email diset quotanya (tidak unlimited). Untuk mengeset quota email, silakan ke control panel hosting lalu pilih Email manager, masuk ke subdomain yang diinginkan, lalu pilih Edit pada account email yang bersangkutan. Setlah Mailbox Disk Quota misalnya 100MB atau 1000MB.

Baru nanti di webmail, sebelah kiri, di bawah daftar folder, akan muncul bar dan tulisan persentasi pemakaian, misalnya: "Quota usage 1.2% of 1000MB".

Bagaimana cara perhitungan quota account email?

Quota dihitung terhadap email-email yang berada di Inbox. Jika email di Inbox sudah melebihi limit quota, maka email baru yang masuk akan mental.

Jika Anda memindahkan email ke folder lain, atau menarik email di Inbox ke komputer Anda menggunakan POP, maka pemakaian akan berkurang dan akan di bawah limit quota kembali.

Bagaimana dengan email-email di folder lain seperti di Sent?

Ini tidak dihitung oleh quota.

Jika Anda tidak ingin email ini menumpuk, harap hapus secara berkala.

Server hosting juga memiliki fitur autopurge email, yaitu untuk menghapus email-email yang tua secara otomatis. Caranya, ke [[Spanel|control panel hosting], Email manager, pilih subdomain yang diinginkan, pilih Edit pada account email yang diinginkan. Di sana akan ada pilihan Autopurge untuk menghapus otomatis email-email yang lebih tua dari jumlah hari yang diinginkan.

Bagaimana "signup"/menambah account email baru?

Bagaimana mengganti password account email?

Saat ini baru dapat melalui control panel hosting.

Bagaimana mengganti interface bahasa webmail?

Silakan lihat artikel ini: Mengganti bahasa webmail.

Bagaimana cara mengeset autoresponse?

Bagaimana cara mengeset vacation mesasge?

Saya akan liburan/keluar kota/tidak mengecek email selama beberapa hari. Bagaimana agar pengirim email dapat menerima balasan otomatis yang memberitahukan hal ini?

Bisa dari control panel hosting, ke Email Manager, lalu pilih subdomain yang diinginkan, lalu pilih Autoresp pada account email yang diinginkan.

Atau dari webmail, login sebagai account ybs, lalu pilih Preferences lalu Autoresponse

Mengapa muncul pesan kesalahan 'ERROR Preference file, /s/namadomain/cgidata/webmail/namauser@namadomain.pref.tmp, could not be written. Contact your system administrator to resolve this issue.Go to the login page' Saat login ke Webmail

Untuk menghilangkan pesan error ini, silakan ke control panel hosting lalu pilih Reset Permission File. Jika masih bermasalah silahkan hubungi kami agar dapat kami bantu fix permissions. Pastikan juga anda sudah hapus cookies, cache, dan history browser. ATau jika anda menggunakan layanan colocation, VPS atau dedicated ikuti langkah berikut.

Login ke Server anda melalui terminal SSH. Login sebagai support atau root:

ketik:

sudo /c/sbin/fixperm usernameakun

Contoh:

sudo /c/sbin/fixperm k123456

Lalu coba login kembali

Link


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.