MWN Website
ContactHome

Memproteksi folder (Spanel)

Untuk memproteksi sebuah direktori agar harus diakses lewat web menggunakan username dan password, berikut ini caranya.

1. Loginlah ke control panel hosting jika belum. Masuklah ke Kelola File lalu ke folder sites/, lalu nama website Anda, lalu ke folder www/ (atau ssl/). Anda telah sampai ke folder document root website. Silakan masuk lagi ke subfolder jika ingin memproteksi subfolder.

2. Pada bagian "Proteksi .htaccess", tertera keterangan Tidak terproteksi. Kliklah link Pasang Proteksi. Maka folder ini statusnya berubah menjadi Terproteksi'.

3. Setelah itu kliklah Kelola password untuk membuat user dan password yang akan mengakses folder yang diprotek.

Untuk melepas proteksinya, cukup lakukan yang sebaliknya (klik Cabut Proteksi pada folder terproteksi).

Daftar isi

Tanya jawab

Setelah memasang proteksi, saat direktori ini diakses dari browser, muncul error 500 Internal Server Error.

Anda belum mengeset password yang akan digunakan. Setelah mengklik Pasang Proteksi, kliklah Kelola password lalu buatlah setidaknya 1 user.

Apakah jika memproteksi sebuah folder, semua subfolder di bawahnya otomatis terproteksi juga?

Ya. Meskipun saat kita melihat di Kelola File control panel bahwa status sebuah subfolder adalah Tidak Terproteksi (karena tidak ada file .htaccess di dalam subfolder tersebut), namun jika folder di atasnya sudah diproteksi, maka otomatis subfolder di bawahnya terproteksi juga. Ini karena webserver selalu mengecek keberadaan file .htaccess dari lokasi teratas (root).

Saya sudah mencoba mencabut proteksi sebuah folder, tapi kok tetap muncul kotak dialog password?

Ada kemungkinan Anda melakukan proteksi pada lebih dari satu folder, dan ketika membuka sebuah halaman, ada request (misalnya Javascript atau image atau frame/iframe) dari folder yang terproteksi juga. Misalnya Anda memproteksi folder / dan /templates. Anda sudah mencabut proteksi folder /, tapi di halaman depan ada javascript yang mengarah ke folder /templates. Maka tetap akan muncul kotak dialog password.

Solusinya: tidak perlu proteksi /templates jika folder / sudah diproteksi. Lakukan Cabut Proteksi pada folder /templates.

Untuk membuang semua proteksi yang ada, coba carilah di semua direktori di bawah document root apakah ada .htaccess hasil proteksi, jika ada, hapuslah.

Keywords

Proteksi folder, protek direktori, protect directory.


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.