MWN Website
ContactHome

Membuat situs SSL

Daftar isi

Pertanyaan

Saya ingin membuat situs yang secure (yang dienkrip dengan SSL, dan diakses dengan https://NAMASITE/ dan bukan http://NAMASITE/). Bagaimana caranya?

Penjelasan

Di server hosting, secara default Anda sudah dapat membuat sendiri situs yang diakses via https://. Anda bisa menaruh file-file website Anda di subdirektori sites/NAMASITE/ssl dan bukan sites/NAMASITE/www. Baca artikel ini untuk jelasnya mengenai layout direktori di account hosting.

Namun saat mengakses situs https:// ini akan muncul peringatan dari browser. Ini karena situs tersebut tidak dipasangi sertifikat SSL "betulan" (sertifikat yang ditandatangi secara digital oleh certificate authority).

Untuk membuat situs SSL yang tidak diganggu oleh warning, dibutuhkan 3 langkah berikut:

1. Anda perlu menyewa dedicated IP dari kami. Biayanya dapat dilihat di Daftar harga MWN), dan ketersediaannya bergantung pada apakah masih memiliki IP yang tidak terpakai untuk server yang bersangkutan. Satu IP hanya bisa dipakai untuk satu website atau subdomain saja.


2. Anda membeli sertifikat SSL. Silakan ke Masterkey lalu klik Order/Pesan lalu pilih Layanan Pendukung Hosting lalu pilih produk SSL.

Lalu Anda perlu membuat file .csr. Lihat instruksinya di sini: Membuat sertifikat SSL. Jika Anda butuh bantuan untuk membuatkan file .csr (certificate signing request), staf kami dapat membantu. File .csr ini nanti Anda berikan atau kopi-pastekan ke tempat yang disediakan oleh pihak CA (mis: MWN). Hasilnya adalah file sertifikat SSL yang sudah ditandatangani (.crt).

Untuk memudahkan instalasi di server hosting nanti, jika Anda membuat sendiri key dan CSR, mohon untuk tidak memberi password/passphrase pada key Anda.

3. Anda memberikan sertifikat SSL yang telah ditandatangani pada step 2 tersebut kepada kami untuk diinstal di server.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi customer support kami.

Tanya jawab

Apa yang diperlukan untuk membuat situs SSL yang bersertifikat (tidak keluar warning)?

1. Sertifikat SSL

2. Dedicated IP

Keduanya berbayar, silakan lihat Daftar harga MWN untuk detil harganya.

Apakah jika saya berlangganan shared hosting di otomatis mendapatkan dedicated IP, atau sertifikat SSL?

Tidak. Anda harus menyewa lagi. Lihat jawaban pertanyaan sebelumnya.

Apakah membeli sertifikat SSL itu mutlak untuk membuat situs SSL?

Tidak. Jika Anda hanya ingin mencoba dulu membuat situs HTTPS, tanpa sertifikat bertanda tangan "asli", maka tidak perlu membeli sertifikat dulu. Cukup akses https://NAMASITUSANDA/ dan taruhlah file-filenya di lokasi yang sesuai (lihat penjelasan sebelumnya). Namun nanti akan muncul warning dialog box dari browser karena sertifikat SSL-nya "dummy".

Jika Anda ingin menghilangkan kotak dialog box peringatan ini, harus mendaftar/membeli sertifikat SSL yang bertanda tangan "asli" dengan nama domain yang sama dengan nama situsnya (lihat penjelasan sebelumnya).

Apakah dedicated IP itu mutlak untuk membuat situs SSL?

Saat ini ya.

Apakah sertifikat SSL harus membeli dari MWN?

Tidak. Anda dapat membeli dari tempat lain. Saat ingin memasang situs SSL, Anda dapat mengirimkan sertifikat Anda kepada kami lewat tiket.

Saya sudah membeli sertifikat SSL dari MWN. Bagaimana cara memasang logo SSL?

Untuk produk SSL A kami tidak ada logo.

Untuk SSL B & C, silakan tambahkan kode HTML ini ke halaman Anda:

 <!-- GeoTrust QuickSSL [tm] Smart Icon tag. Do not edit. --><BR>
 <SCRIPT LANGUAGE="JavaScript" TYPE="text/javascript" SRC="https://smarticon.geotrust.com/si.js"></SCRIPT><BR>
 <!-- end GeoTrust Smart Icon tag -->
 

Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.