MWN Website
ContactHome

Membuat CD-DVD image Debian dengan jigdo

Cara ini dapat dipakai jika kita hanya mempunyai akses ke sebuah repositori Debian yang tidak memiliki CD images. Kita dapat menggenerate CD images ini dari paket-paket yang ada di repositori Debian tersebut.

Pertama, instal dulu paket jigdo:

# apt-get install jigdo-file

(Di Debian saat ini, kebetulan nama paket "jigdo" sendiri dipakai untuk menamai program yang berbeda, yaitu sejenis program downloader GUI. Jadi yang harus diinstal adalah jigdo yang satu lagi yang kita maksud, yaitu di paket "jigdo-file").

Lalu, download file *.jigdo (bbrp puluh KB) dan *.template (dalam orde 1 hingga beberapa MB) ke sebuah direktori. Pastikan ruang disk masih cukup untuk menampung image CD/DVD yang nanti akan digenerate.

Contohnya, untuk Debian stable, silakan ambil file-filenya di sini:

http://cdimage.debian.org/debian-cd/current/i386/jigdo-cd/ 

Untuk DVD, gunakan:

http://cdimage.debian.org/debian-cd/current/i386/jigdo-dvd/ 

Untuk CD set lainnya, misalnya untuk Debian testing, weekly build, daily build, dll, silakan lihat-lihat dari sini:

http://cdimage.debian.org/cdimage/

Di artikel ini akan diasumsikan kita mendownload file ini (untuk Debian 4.0 "etch"):

debian-40r0-i386-CD-1.jigdo (33K)
debian-40r0-i386-CD-1.template (22M)

Silakan sesuaikan sendiri namanya jika berbeda.

Langkah kedua, jalankan jigdo-lite utk menggenerate .iso dari keterangan di *.jigdo. Proses ini akan mendownload paket-paket dan file lain yang dibutuhkan dari repositori Debian.

$ jigdo-lite

Pertama-tama jigdo-lite akan menanyakan lokasi file .jigdo. Ketikkan:

jigdo: debian-40r0-i386-CD-1.jigdo

Selanjutnya jigdo-lite akan bertanya file-file mana yang ingin discan. Masukkan nama file .template:

Files to scan: debian-40r0-i386-CD-1.template

jigdo-lite akan bertanya lagi file-file tambahan yang ingin discan. Karena sudah tidak ada lagi, maka kita tekan Enter saja.

Files to scan: (tekan tombol Enter)

Lalu jigdo-lite akan bertanya ingin menggunakan repositori yang mana, gunakan yang paling dekat/cepat dari Anda. Contohnya:

Debian mirror [...]: http://mirror-id1.masterwebnet.com/debian

Di kantor MWN, karena mirror tersebut ada di dalam LAN, maka dalam waktu beberapa menit selesailah digenerate file CD image .iso yang besarnya beberapa ratus MB (atau sekitar 4-4,5GB untuk DVD).

Catatan untuk staf MWN: jadi walaupun mirror seperti http://archive.or.id/debian atau http://mirror-id1.masterwebnet.com/debian tidak menginclude image CD, untuk mendownload image CD/DVD kita tidak perlu mendownload dari mirror lain yang notabene bisa memakan waktu berhari-hari karena bandwidth yang terbatas. Gunakan saja mirror lokal dan downloadlah file *.jigdo dan *.template yang relatif kecil untuk meregenerate image CD/DVD.

Catatan tambahan: Selain http://archive.or.id/debian dan http://mirror-id1.masterwebnet.com, ada banyak mirror Debian lain yang tidak me-mirror CD imagesnya karena memang CD images ini bisa digenerate dari mirror Debian. CD image pada dasarnya hanya kumpulan paket + installer aja.

Link


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!<br>Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!<br>Hanya di MWN Hosting.
    Kini bandwidth server Indonesia UNLIMITED!
    Tak perlu takut lagi website Anda kehabisan bandwidth!
    Hanya di MWN Hosting.
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.