MWN Website
ContactHome

Bagaimana agar situs saya muncul di Google

Daftar isi

Pertanyaan

  • Bagaimana agar situs saya muncul di (pencarian) Google?
  • Kemarin saya baru daftar domain example.com, example.net, kenapa ketika saya search di Google tidak muncul?

Jawaban/penjelasan

Agar sebuah situs bisa muncul jika dicari di Google (dengan kata lain, agar situs Anda terindeks di Google):

Langkah 1

Anda harus mendaftarkan dulu domain dan hostingnya. Jika ingin memesan/mendaftar di MWN, silakan baca petunjuk detilnya di sini: Panduan memesan di Masterkey. Setelah mendaftar domain dan hosting akan aktif umumnya dalam di bawah 1 hari hingga 1-2 hari.

Jika kesulitan melakukan pemesanan, silakan hubungi kami.

Langkah 2

Anda harus mengisi/membuat konten situs. Jika situsnya masih kosong, tentu Google tidak akan mengindeks karena tidak ada isi yang bisa diindeks.

Untuk mengisi situs, Anda bisa misalnya:

Jika Anda sudah punya file-filenya namun malas/sulit meng-upload (mis: karena sibuk, karena jumlah file banyak, dsb), Anda dapat menggunakan jasa upload kami.

Jika kesulitan mengisi situs atau menginstal aplikasi, silakan hubungi kami.

Langkah 3

Anda perlu memberitahukan keberadaan situs ini ke orang lain, melalui media social facebook, twitter atau email ke teman-teman, memberi tahu lewat komentar di blog orang lain (blogwalking), dsb. Ini karena Google mengetahui keberadaan situs Anda lewat link-link dari situs yang sudah ada (yang sudah diindeksnya). Jika belum ada situs lain yang me-link ke situs Anda, tentu Google tidak bisa mengetahui keberadaan situs Anda.

Catatan: Anda juga bisa memberitahu Google secara langsung tentang situs Anda. Caranya, masukkan alamat situs Anda ke: https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url . Namun Google tidak memberi jaminan kapan atau apakah situs Anda akan ditambahkan sama sekali.

Selanjutnya untuk pengaturan lebih lanjut (anda akan mengetahui perlunya sitemap) silahkan anda sign in ke Google Webmasters http://www.google.com/webmasters

Langkah 4

Proses ini membutuhkan beberapa hari atau minggu, bahkan mungkin saja lebih lama. Karena itu diharapkan kesabaran Anda. Sementara itu, Anda bisa terus mengisi situs Anda dan memberitahu ke orang lain agar situs Anda semakin banyak pengunjung.

Semoga sukses!


Navigasi

Feedback

Artikel Popular

  • selengkapnya...
  • Artikel Terbaru

  • selengkapnya...
  • Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Facebook dengan DomainSendiri.com, murah, bayar sekali per tahun!
    Hak cipta © 2006-2012 PT Master Web Network Konten ditulis dan dikoleksi oleh staf MWN. Komentar ditulis oleh pembaca. MWN tidak bertanggung jawab atas akurasi dan/atau kekinian konten/komentar.